Monday, October 7, 2019

Ragam Jenis Pemasangan Kawat Bekisting

Berbagai jenis sengkang dirancang untuk kolom berdasarkan berbagai penampang melintang, jumlah batang penguat memanjang dan kapasitas dukung beban. Sengkang dalam konstruksi kolom umumnya dikenal sebagai ikatan vertikal atau tulangan melintang.

Ada berbagai jenis sanggurdi atau ikatan yang digunakan dalam konstruksi kolom:

Penguatan Heliks
Ikatan Lateral

Deskripsi singkat dari berbagai jenis sanggurdi disebutkan di bawah ini.

1. Penguatan Heliks
Tulangan heliks berbeda dari ikatan lateral karena ikatan terakhir memiliki jarak antar ikatan individual. Dalam penguatan heliks, alih-alih spasi, nilai yang diukur adalah pitch seperti yang ditunjukkan pada gambar-1 di bawah ini.

Dibandingkan dengan ikatan lateral, tulangan heliks memberikan lebih banyak daktilitas dan fleksibilitas pada kolom yang dibangun. Mereka juga memberikan lebih banyak efisiensi untuk mendukung penguatan longitudinal. Tahanan tekuk pada struktur kolom genteng metal ditingkatkan dengan menggunakan tulangan heliks.

Penguat heliks juga dapat digunakan sebagai penguat spiral. Batang heliks terutama direkomendasikan untuk desain seismik. Di bawah aksi beban seismik, beton yang melekat pada tulangan heliks awalnya dikupas. Ini membantu memberikan tanda peringatan tentang kondisi struktural kolom.

Tulangan heliks adalah pilihan yang baik dalam hal mendistribusikan beban secara seragam jika dibandingkan dengan cincin normal (ikatan lateral).

2. Ikatan Lateral
Ikatan lateral adalah tulangan transversal yang membentuk cincin individual dengan jarak tetap antara masing-masing tautan (gambar-1 (c)). Sengkang lateral yang disediakan dapat berupa sengkang berkaki dua, sengkang berkaki empat atau sengkang berkaki enam dll, tergantung pada penampang kolom dan jumlah batang penguat vertikal atau longitudinal yang digunakan.

Di sini dijelaskan konfigurasi Lateral tie yang berbeda untuk jumlah bar tulangan vertikal yang berbeda. Konfigurasi didasarkan pada rekomendasi ACI 315-99.

1. Konfigurasi Lateral Tie untuk 4- Bar
Gambar-1 di bawah ini menunjukkan konfigurasi ikatan untuk 4 angka batang kolom vertikal. Ini adalah tipe konfigurasi yang digunakan untuk desain kolom sederhana. Konfigurasi ini dapat disebut sebagai tipe kolom 2 behel berkaki.

2. Konfigurasi Lateral Tie untuk 6- Bar
Susunan pertama pada gambar-3 di atas diikuti ketika jarak bar vertikal kurang dari 150mm (Kurang dari 6 "). Ketika jarak lebih besar dari 150mm, pengaturan kedua diikuti di mana crossties digunakan.

3. Konfigurasi Lateral Tie untuk 8- Bar
Pengaturan pertama di atas menunjukkan pengaturan penguatan vertikal 8 nomor tipikal. Di sini jaraknya akan kurang dari 6 ”. Ketika jarak lebih besar dari 150mm dua crossties digunakan seperti yang ditunjukkan pada pengaturan kedua (gambar-4).

Pengaturan ketiga disebut pengaturan bundled bars. Di sini dua batang dibundel di sudut-sudut. Tidak ada harga genteng metal ikatan silang yang digunakan. Jumlah bar maksimum yang dapat digabungkan adalah 4.

4. Konfigurasi Lateral Tie untuk 10- Bar
Dalam hal ini, perlu untuk memiliki ikatan silang selain ikatan kuadrat. Ini juga dapat diatur dalam bilah bundel seperti yang ditunjukkan pada pengaturan kedua (gambar-4). Di sini bundel 2 batang ditempatkan di empat sudut dan dua batang yang tersisa didukung dengan bantuan ikatan silang.

5. Ikatan Lateral untuk bagian lintas kolom yang berbeda
Di antara pengaturan yang ditunjukkan pada gambar-5, pengaturan untuk 16 batang menggunakan ikatan berlian. Ikatan berlian sangat sulit untuk dibuat secara akurat, sehingga dihindari. Juga sulit untuk menempatkan dan menyelaraskannya dengan benar. Pengaturan dasi ini tidak direkomendasikan oleh ACI 315 karena kesulitan yang terkait dengannya. Tetapi beberapa standar negara menggunakan pengaturan ini untuk desain kolom sederhana.

No comments:

Post a Comment