Monday, October 7, 2019

Teknik Penyambungan Konstruksi Beton

Sambungan konstruksi ditempatkan ketika pekerjaan pembetonan massa dilakukan dan tidak dapat diselesaikan dengan satu regangan. Antarmuka beton keras hari ini dan beton segar hari ini harus dilakukan dengan benar sehingga ikatan harus sempurna untuk mentransfer beban dan menghindari kebocoran air. Sambungan antarmuka ini dikenal sebagai Sambungan Konstruksi atau Sambungan Daywork.

Pada artikel ini kita mempelajari tentang jenis sambungan konstruksi, lokasi sambungan, kualitas dan keuntungan penggunaan sambungan konstruksi dalam beton

Jenis Sambungan Konstruksi
Sambungan konstruksi diklasifikasikan menjadi 4 jenis tergantung pada jenis sambungan. Mereka adalah sebagai berikut,

1. Sambungan Konstruksi Jenis Pantat
Sambungan konstruksi tipe-butt adalah jenis sambungan paling sederhana harga baja ringan yang dibentuk oleh sekat dan memuaskan untuk lantai tipis yang tidak terlalu berat.

2. Sambungan Konstruksi Lidah dan Alur
Jenis sambungan konstruksi lidah dan alur biasanya diberikan dalam lembaran. Alur pasak dapat dibentuk dengan pengikat logam, kayu, atau bahan kunci pra-cetak ke sekat kayu.

Penempatan beton yang kedua kemudian memasuki alur untuk membentuk lidah dan dengan demikian memungkinkan gaya geser ditransmisikan melalui sambungan, Pada pelat datar di tanah ini memastikan bahwa pelat di masa depan akan tetap sejajar dengan beton tuang sebelumnya.

3. Konstruksi Tipe Pantat Bersama dengan Dowel
Jenis sambungan ini dilakukan dengan hanya menambahkan paku logam atau baja di antara sambungan butt konvensional. Dowel disediakan untuk memindahkan muatan di lantai dengan membawa muatan yang lebih berat.

4. Konstruksi Butt Type Bersama dengan Tie bar
Ini sama dengan konstruksi butt type joint dengan dowel, tetapi dowel yang digunakan di sini adalah tie bar. Tie bar adalah batang baja yang cacat, yang meningkatkan luas permukaan, yang pada gilirannya meningkatkan gesekan antara 2 bagian beton.

Pemilihan Lokasi Bersama Konstruksi
Pemilihan lokasi sambungan konstruksi penting untuk ketahanan dan efektivitas pemindahan beban. Berikut ini adalah poin yang harus diingat saat menemukan sendi,

Sambungan konstruksi yang sejajar dengan rentang pelat dapat ditempatkan di mana saja, kecuali lokasi-lokasi dalam konstruksi balok-T yang mengandalkan sebagian pelat untuk bertindak dengan balok dalam menahan kelenturan.
Untuk pelat dan balok, oleh karena itu, biasanya memiliki sambungan konstruksi pada pertengahan bentang sepertiga tengah bentang. (ACI 318-11, Bagian 6.4.4).
Sambungan pada gelagar harus diimbangi jarak minimum dua kali lebar balok berpotongan. (ACI 318-11, Bagian 6.4.5).
Merancang bagian beton untuk gaya lateral mungkin memerlukan perawatan desain khusus untuk sambungan konstruksi.
Di dinding, panjang penempatan horizontal lebih dari 40 kaki biasanya tidak disarankan.
Lebih mudah untuk menemukan sambungan baja ringan horisontal di garis lantai atau sesuai dengan kusen jendela.
 Dalam desain struktur hidrolik, sambungan konstruksi biasanya ditempatkan pada interval yang lebih pendek daripada pada struktur non hidrolik untuk mengurangi tekanan susut dan suhu.
Jika pemasangan beton dihentikan tanpa sengaja untuk waktu yang lebih lama dari waktu pemasangan awal beton, permukaan lama harus dianggap sebagai sambungan konstruksi, dan diperlakukan seperti itu sebelum pengecoran dilanjutkan. Namun dari sudut pandang kekuatan struktur, diinginkan untuk memposisikan sambungan konstruksi pada titik geser minimum.
Kunci geser, pasak diagonal, atau metode transfer geser (ACI Kode 318-11, Bagian 11.7) dapat digunakan.
 Kualitas Sambungan Konstruksi
Kualitas sambungan konstruksi secara signifikan dipengaruhi oleh presisi dalam penempatan beton. Kekuatan ikatan maksimum dan keketatan air dicapai dengan menggunakan beton berkualitas yang memiliki kemerosotan rendah.

Beton harus memungkinkan penempatan dan konsolidasi dalam jumlah yang wajar. Tren segregasi dan perdarahan beton mendorong permukaan yang lemah dari perilaku ikatan rendah. Permukaan beton yang dihasilkan harus bersih dan dapat diandalkan secara struktural.

Agregat kasar yang menonjol dan sedikit lekukan tidak berguna atau tidak direkomendasikan. Retardant permukaan sering digunakan untuk mendapatkan permukaan yang sesuai.

No comments:

Post a Comment